Friday, September 19, 2008

Lehman Brothers Amerika: Krisis Ekonomi Dunia?


Tepat satu tahun menjelang lebaran, pada September 2007, Amerika dihantam krisis ekonomi akibat kasus " Subprime Mortgage", kegagalan lembaga keuangan Feny Mae dan Fredy Mae mengakibatkan macetnya kredit perumahan di negara raksasa ini limbung.

Badai kedua tidak kalah dengan Runtuhnya Wallstreet, Gustav dan Ike, pada tanggal 15 September 2008, kembali mengguncang dunia, LEHMAN BROTHERS salah satu broker ke 4 terbesar di Amerika bangkrut tidak bisa menahan jatuhnya spekulasi saham-saham unggulan sektor tambang dan minyak tentunya. Ini adalah bencana perekonomian dunia.
Bila The Fed sudah miris dan nervouse, maka perekonomian dunia akan stagnasi, index bursa Jepang saja juga terguncang apalagi Asean.
Tentu negara-negara yang expor ke Amerika bisa merenung dua tiga kali, pasti akan anjlok. Sekuat apapun suatu negara dalam finansial seperti China, Jepang, Rusia dll akan kontraksi dan kesakitan dan bagaimana akibatnya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Asia? Kita harus hati-hati dan cermat.Karena para ekonom kelas dunia sekalipun tidak habis pikir hal ini bisa terjadi dan kapan akan berhenti.
Kata bethoro Ismoyo (Semar): Goro-goro bisa terjadi di cerita pewayangan, ketika Pendawa bangkit melawan Kurawa dan perang sampyuhpun terjadi, namun kemenangan di pihak yang benar, jalan ini harus terjadi.......sudah takdir.

No comments: