Thursday, February 28, 2019

KEMENKOMINFO DAN LPER MENYOROTI KIPRAH UMKM DI ERA DIGITAL



Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemen Kominfo bersama Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER) dan Komunitas Kopi Persahabatan, menggelar sosialisasi ekonomi dengan judul "Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital" diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 25 Februari 2019 lalu di Ruang Serba Guna Kementerian Kominfo Jakarta. Sebagai keynote speaker Septriana Tangkay Direktur Perekonomian & Kemaritiman Ditjen Komunikasi dan Informasi, bahwa Indonesia ini negara besar dan kaya SDA dan SDM yang terus dikembangkan Pemerintahan pak Jokowi secara strategik dan progresif, maka roda perekonomian bakal berputar dengan cepat, dan Kementerian Kominfo  hadir untuk kemudahan bagi para UMKM menjadi pelaku usaha dengan sistem online. Maka alat komunikasi yg semakin menjadi kebutuhan primer masyarakat, jangan hanya untuk berkabar melalui WA, unduh dan unggah gambar, menyebar hoaks, transaksi perdagangan pornografi, tetapi harus dimanfaatkan untuk berwira usaha oline atau ecommerce sehingga bisa membuka lapangan kerja.






Menurut Pridantono Kadri Ketua bidang UMKM & Koperasi LPER selaku ketua panitia, dalam sambutannya mengatakan forum diskusi ini  sangat tepat dan pas bahwa di era industry 4.0, menghadirkan para pembicara dan pelaku usaha yang handal dibidang masing-masing antara lain RNI perusahaan BUMN dengan merek Rajagula, bp Jainal  owner Satoe Juara Nusantara, TirtaOne dan Koperasi Sinergi Swadaya Nusantara, dimana produk- produk buatan lokal, harga terjangkau, mudah di akses dengan alat komunikasi gadget atau komputer secara instan tetapi kualitas dapat dipertanggung jawabkan.





 
 Senada dengan Kementerian Kominfo  Sekjen LPER Francisca Sestri

mengatakan bahwa UMKM harus bisa bekerjasama dengan Unicorn-unicorn seperti Bukalapak, Tokopedia, Traveloka,dan Gojek dan tidak perlu investasi sampai ratusan juta, sehingga kebutuhan konsumen yang terus bervariasi bisa terlayani tepat waktu secara dinamis.






Acara selanjutnya pengguntingan pita pembukaan Bazaar dan Pameran produk-produk UMKM oleh Ibu Niken Widyastuti Sekjen Kominfo, didampingi, ketua bidang Penelitian & Pengembangan LPER Eka Mardiyanti, Ketua Harian Bakri Maulana dan Tantri Relatami Dewas RRI sebagai partner media, menurut ibu Niken seraya memuji LPER dan GK Ladies mitra kerja Kemenkominfo dalam kiprah pendampingan UMKM yang menjadi pilar ekonomi kerakyatan Indonesia dan jumlahnya cukup besar, dapat membuka lapangan kerja baru yang mengurangi angka kemiskinan. Menurutnya baru pemerintah sekarang angka kemiskinan hanya satu digit sekitar 9,82 persen.




 
Kementerian Kominfo selalu terbuka bagi masyarkat,  Kementerian terkait yang ingin bersinergi dibidang Teknologi Informasi (TI) untuk kemajuan UMKM sehingga skala bisnisnya bisa ditingkatkan dari mikro ke kecil dari kecil ke menengah dan selanjutnya menjadi pemain besar, pungkasnya (Sestri).










No comments: