Thursday, November 27, 2008

BPOM UMUMKAN 27 MEREK KOSMETIK DILARANG BEREDAR


BPOM Umumkan 27 Kosmetik Berbahaya (baca Kompas, 27 Nopember 2008 hal 1)
DHONI SETIAWAN
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Husniah Rubiana Thamrin menunjukkan beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan zat pewarna yang dilarang di Kantor BPOM, Jakarta Pusat, Rabu (26/11). Dari hasil investigasi dan penelitian dari BPOM telah menemukan 27 produk kosmestik yang beredar di masyarakat telah mengandung logam berat jenis Merkuri dan zat pewarna Rhodamin (Merah K.10).
/
Artikel Terkait:
BPOM: Kosmetik Berbahaya? Jumlahnya Jutaan!
Impor Obat dan Makanan Hanya Lewat Satu Pintu
Kosmetik Berbahaya Bisa Akibatkan Kerusakan Otak
Inilah 27 Kosmetik Berbahaya
BPOM Umumkan 27 Kosmetik Berbahaya
Rabu, 26 November 2008 13:39 WIB
JAKARTA, RABU — Setelah melakukan pengujian selama Januari 2007, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan daftar 27 kosmetik yang mengandung bahan dan zat warna berbahaya. Bahan dan zat berbahaya itu adalah merkuri (Hg), Asam Retinoat (Retinoic Acid), serta zat warna Rhodamin (merah K.10 dan merah K.3).
"Kami telah melakukan razia di pasar tradisional, supermaket, dan mal-mal. Kami menemukan 3.555 kosmetik yang tak layak digunakan konsumen," ujar Kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (26/11) siang.
Ia menegaskan, untuk melindungi masyarakat atau konsumen dari risiko menggunakan kosmetik dengan bahan berbahaya tersebut, BPOM telah menginstruksikan kepada produsen untuk melakukan penarikan produk tersebut dari peredaran dan memusnahkannya. Produsen atau gudang produk-produk kosmetik berbahaya tersebut, menurut Husniah, yang paling besar ditemukan di Jakarta, Bali, dan Medan.
Dan ketika di konfirmasi by phone, beliau membenarkan hal tersebut, semua ini untuk perlindungan konsumen dan industri domestik, karena kenyataanya memang banyak barang impor tersebar tanpa izin edar. Apakah tidak takut bu Ance? Jawab beliau selama melakukan sesuai konstitusi tidak perlu takut, beliau sangat sadar  jajarannya di pisuhi kanan kiri, depan belakang, atas bawah, ini resiko jabatan ujarnya dari Guantamela. Sungguh "Iron Woman"gumamku.............

1 comment:

Anonymous said...

Untuk Produk buatan dalam negeri, di dukung iklan Departemen Dalam Negeri, Metro Tv 27 Nop 2008 jam 14.13 bagus lah....