Monday, September 8, 2008

Politik Aji Mumpung "Dewi Kekayi"


Dewi Kekayi yang cantik dan cekatan adalah isteri ke dua Prabu Dasarta dari Ayodya memiliki tiga keturunan : Raden Barata, Satrugna dan Dewi Kawakwa. Prabu Dasarata sudah mulai tua dan bermaksud mengangkat Ramawijaya putra tertua dari permaisuri Dewi Sukasalya. Semua pendeta, penasihat kerajaan, dan rakyat telah menyambutnya dengan bahagia. Rama adalah titisan Wisnu, tampan serta sakti tak tertandingi, bahkan memenangkan mengangkat pusaka Syiwa untuk mendapatkan Dewi Sinta dari sayembara Prabu Janaka dari kerajaan Manthili.

Tiba-tiba penasihat Dewi Kekayi si bongkok Kuni, meracuni pikiranya agar menagih janji tahta kerajaan dari Rama kepada puteranya yaitu raden Barata. Maka dengan aji mumpung karena kecantikannya, ia dapat memaksa sang Prabu Dasarata yang sudah tua, untuk memberikan tahta kepada puteranya. Tidak hanya itu, Rama pun harus menjalani pembuangan hidup di hutan selama 14 tahun. Dasarata dalam diam menahan duka, namun tidak bisa berbuat apa-apa karena kecerdasan Dewi Kekayi.

Setelah itu prabu Dasarata mangkat dan Barata menyusul Rama yang ditemani Laksmana dan dewi Sinta ke hutan pengasingannya. Barata menangis dan mengutuk ibunya dan tidak mau menjadi raja karena mengetahui bahwa Rama adalah junjungan serta lebih pantas dari dirinya. Setelah diskusi panjang lebar, maka Rama memberikan alas kaki sebagai bukti bahwa Barata hanya mewakili dirinya. Akhirnya pulanglah Barata untuk dinobatkan sebagai raja ad-interim, selama Rama menjalani pengasingan karena kehendak ibunya yaitu Dewi Kekayi.

No comments: