Friday, August 29, 2008

Biografi sang Ibu

Biografi sang Ibu 
Kecintaan dan kekaguman pada sang ibu, Kanti Redjeki, membuat F Sestri Rahardjo membuat sebuah buku biografi berisi kisah hidup dan perjuangan sang ibu selama menjadi bidan di sebuah desa terpencil, Pengging, Boyo- lali, Jawa Tengah. 
Buku berjudul Kanti Redjeki Pengabdian Tenaga Medis Tahun 1923 - 1976, ini dipersembahkan Sestri bagi masyarakat, yang dia harapkan dapat mengambil nilai positif yang dilakukan sang ibu. 
"Saya berharap nilai positif yang diterapkan ibu, di antaranya kedisiplinan dan kesederhanaannya dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Ibu juga selalu menanamkan pada anak-anaknya agar selalu mengukur kemampuan diri sendiri, dan jangan sombong," ungkapnya ketika ditemui di sela-sela acara peluncuran buku di Gedung Mustika Ratu, Jakarta, Senin (10/9) malam. 
Sestri mengenal sosok sang ibu sebagai bidan di Balai Kesejahteraan Ibu dan Anak (BKIA) di desa terpencil, Pengging, Boyolali yang penuh semangat dan tak kenal lelah. Bahkan saking sibuknya menjaga kesehatan ibu, anak dan masyarakat pada umumnya, sang ibu sampai tak tahu kalau dirinya menderita diabetes. 
"Akhirnya penyakit inilah yang kemudian merengut nyawanya," imbuh istri dari Chester Wiradja, serta ibu dari Sadia Intani dan Asika Meryl ini. 
Dalam tulisan biografi sang ibu, Sestri yang akrab dipanggil dengan sebutan Genuk secara jujur juga menceritakan mengenai kenakalannya dulu. Sebagai putri keenam dari delapan bersaudara, konon Sestri kecil memiliki kenakalan yang luar biasa. Akibat arena kenakalannya, Genuk pun sering mendapat pukulan dari sang ibu. 
"Meski ibu suka memukul anak yang nakal, pada dasarnya dia sangat menyayangi anak-anaknya. Semua itu dia lakukan untuk mengajarkan kedisiplinan pada semua anaknya, dan kami semua juga menyayangi beliau," ujarnya. 
Bagi Sestri yang saat ini aktif sebagai Senior Purchasing Manager PT Mustika Ratu dan General Manager Finance di perusahaan yang sama, buku biografi sang ibu merupakan buku yang pertama ditulisnya. 
"Setelah buku ini saya sekarang sedang mempersiapkan buku kedua mengenai perjalanan aliansi, untuk sebuah peraturan yang berkeadilan," kata perempuan yang gemar membaca buku dan artikel politik tersebut. 
Sestri juga aktif sebagai bendahara umum Iluni Pasca Sarjana Universitas Borobudur sejak tahun 2006 sampai sekarang. Ia juga merupakan pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi UNS sejak tahun 2001 sampai sekarang. Sestri dikenal sebagai Bendahara Yayasan Putri Indonesia sejak tahun 2004 hingga sekarang. [Y-6] 
________________________________________

SUARA PEMBARUAN DAILY - 12 September 2007

No comments: