Friday, March 15, 2013

CHAVEZ PELAKU AJARAN BUNG KARNO


  
Sejak menderita kanker Presiden Venezuela Hugo Chavez memang jarang tampil di publik. Terakhir operasi dilakukan pada bulan Desemeber 2011. Pemimpin sosialis kharismatis ini memang tidak disukai oleh pemerintah Amerika, khususnya saat dipimpin oleh presiden Bush Yunior, bahkan kata-kata kecaman Chavez sering meletup-letup di media elektronik maupun cetak.
Pemimpin yang mengubah UUD menambah masa jabatan presiden ini memang menerapkan ajaran Bung Karno tentang "Demokrasi Terpimpin dan Internasionalisasi" sehingga nasionalisasi terhadap perusahaan yang menjadi pengayom hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Tentu saja hal ini menjadi sorotan Amerika, maka tak pelak ada beberapa kalangan yang tidak suka dan menuduh sebagai diktaktor yang egois. Ah itu biasa, selama negara berkembang kaya SDA khususnya minyak ingin berdikari, selalu negara adi kuasa menghasut melalui orang pandai yang mau dibayari untuk menentangnya. Lihat contoh kisah duka Libya, Irak, Mesir dan Indonesia pasca penggulingan Bung Karno secara tidak langsung, membenturkan Pemimpin besar revolusi pelopor "Indonesia menggugat" dengan rakyatnya.
Bung Karno telah meletakkan sistem Ekonomi Kerakyatan dengan kekhasan Indonesia pada Pasal 33 UUD'45, yang disederhanakan Pancasila pada sila ke lima.
Chavez meninggal dunia pada tanggal 5 Maret 2013 pada usia 58 tahun masih muda. Semoga ketegasan dan pemimpin sosialis Latino ini menurunkan pemimpin-pemimpin  pemberani pada generasi sekarang dan yang akan datang, sehingga negara-negara Latin memiliki corak khas yang tetap mencintai rakyatnya.
Gb. diunduh dari internet.

No comments: