Thursday, January 15, 2009

DIBALIK RUSAKNYA SITUS MAJAPAHIT








Sungguh memprihatinkan bagi Kejayaan Majapahit. Bagaimana tidak menyesakkan? dikala orang dan dunia melampaui batas dunia maya menjelajah seantero dunia tidak terperangah akan kenyataan adanya perusakan situs Majapahit. Semua khalayak mengetahuinya Majapahit adalah cikal bakal pemersatu Nusantara dibawah patih kesohor Gajah Mada ingin mempersatukan raja-raja Nusantara pada saat itu dengan konsep NKRI dalam arti persatuan dan kesatuan bukan penyeragaman budaya tetap mengarah kepada Kebinekaan. Perlu diingat bendera pusaka pertama di launching Majapahit dalam konsep "Gula Kelapa" Gula Jawa atau merah, Kelapa warna putih, yang akhirnya menjadi pilihan Indonesia menggunakan "Bendera Merah Putih.

Sungguh luar biasa bila kita mau mempelajari, melestarikan sejarah Indonesia kisah raja-raja sebelum Mataram, akan menemukan betapa majunya pemikiran, pembangunan Majapahit mulai dari R. Wijaya sebagai pendiri sampai jaman kejayaan raja Hayam Wuruk sampai berakhirnya Majapahit. Dengan demikian perusakan situs adalah perusakan kekayaan sejarah sendiri. Melalui internet orang seantero dunia akan menilai bahwa pemangku kepentingan tidak paham dan kurang menghargai kebesaran sejarahnya. Itulah fakta dibalik pembangunan PIM Pusat Informasi Majapahit yang nyata-nyata merusak peninggalan tersebut.

8 comments:

Anonymous said...

Sayang sekali peninggalan sejarah yang harusnya kita lestarikan...


mey

Anonymous said...

Teman : sdh comment di articlenya, regedit, thnks

Anonymous said...

Kehidupan ber masyarakat dewasa ini, umunya yang dikejar adalah pengetahuan dan kehormatan, banyak yang lupa bahwa budaya merupakan pagar kehidupan agar kita bisa saling menghargai sesama makluk Allah. Banyak proyek2 yang mengatasnamakan pelestarian budaya, namun ternyata proyek terebut malah menjadi nomor satu didalam merusak budaya itu sendiri, contohnya PIM. Semuanya harus seimbang, karena keseimbangan adalah salah satu kunci untuk hidup bermasyarakat dengan baik.

Anonymous said...

Majapahit kisah sejarah raja-raja Jawa dan sangat terkenal dengan maha patih Gajah Mada. bagi yang merusak situsnya harus bertanggung jawab.

EPHO's said...

Ketidaktahuan, kebodohan atau ketidakpedulian? *gimana mulai membenahinya, ya...

Anonymous said...

Harus di ganjar hukuman kok

Anonymous said...

mengapa terjadi perusakan situs yg demi membuat Pusat Informasi Majapahit? semua muaranya ke UUD, ujung-ujungnya duit. orang2 perusak itu taunya hanya proyek, menghasilkan duit. masabodo amat mau merusak atau apapun. mengapa harus ada proyek tsb? politik. tapi politik larinya ke duit juga. begitulah. semua ttg urusan perut dan keserakahan.

yenni 'yendoel' said...

kok pembangunan Pusat Info Majapahit malah merusak situs majapahit? piye orang2 itu?
kalo di china, pemerintah sangat memperhatikan situs2 bersejarah. kalo ada yg berani merusak atau memperjual belikan bisa diancam hukuman lho.