Friday, October 10, 2008

Dampak Krisis Keuangan Amerika (Lehman Brothers second Crisis)


Apa yang pernah dikhawatirkan oleh para ekonom kita, menjadi kenyataan. Krisis keuangan dari kasus Subprime Mortgage September 2007 dan akhir-akhir ini 15 September 2008 puncaknya pada kebangkrutan Lehman Brothers dapat merepotkan perekonomian dunia. Indeks Harga Saham Regional, Eropa, Hanseng, Nikei dll merosot tajam pada hari ini tgl 10 Oktober 2008. Bahkan Bursa Efek Rusia di suspend. Begitu juga Bursa Efek Indonesia juga sudah dua hari sejak 9 Oktober 2008 ditutup di pertengahan transaksi, karena keadaan tidak menentu, banyak Investor akan menarik dananya. Harga mata uang USD juga mulai merangkak naik menyentuh level Rp. 9.800dan di prediksi melampaui Rp. 10.000,- kita lihat saja.
Kekhawatiran senada juga sudah di ungkapkan oleh Dradjad Wibowo pada siaran Tv One tanggal 6 Oktober jam 11 siang, tentang kurang strategiknya Pemerintah dalam menyikapi keadaan. Sehingga terkesan menghibur masyarakat dengan keadaan yang tidak terbuka.
Pada gambar menunjukan Gubernur Bank Central amerika Ben Bernanke dan Poulson Menteri Keuangan berbicara serius, dan Kepanikan lantai bursa efek Indonesia, menyikapi keadaan ini. Serta ekonom Dradajd Wibowo calon artis di bidang musik dengan menggandeng Erros yang terkenal di group band Shiela On Seven, beliau sangat peduli kepada masyarakat kecil, sejak tahun lalu sudah tampak cemas dan ketar ketir.

No comments: