Thursday, October 23, 2008

Batik Wiryo Martono- Laweyan


Jalan-jalan ke kota Solo, bagaikan diajak mengunjungi toko-toko batik, baik ke Pasar Klewer atau Danar Hadi, Batik Semar, Batik Keris dll.

Salah satu tempat yang unik yaitu toko "Batik Wiryo Martono" terletak di Sidomulya, Laweyan Solo. Lokasi ini disamping ada hotel penginapan, Warnet, juga menggelar semacam butiq batik dari bahan blaco seharga Rp. 15.000,- sampai dengan batik tulis yang harganya jutaan rupiah. Demikian juga pakaian pengantin adat Jawa komplit berserta rangkaian perhiasan, dari tusuk konde,keris, perlengkapan kuningan sampai dengan sandal selop. Serta lain-lain pernak pernik khas Solo.

Belanja di Butiq "Batik Wiryo Martono" tidak ada bosannya, kita bisa duduk diteras dan sekaligus memesan aneka jajanan yang lewat didepan gerai ini. Pemiliknya bu Haji Wiryo yang sudah berusia 89 tahun masih enerjik, visioner dan mbak Tutik putri terakhirnya ramah sekali. Pokoknya betah banget.

Jangan lupa juga singgah di Keprabon, banyak makanan khas Solo dengan nasi liwet, Mie Kampung dan lain-lain. Yang lebih menyentuh ketika kita duduk lesehan, diiringi siter dan pesinden yang sedang mengamen. Oleh sebab itu kalau ke Solo mampirlah ke tempat-tempat ini, maka segera teringat bahwa Solo adalah kota yang bersahabat dan ramah untuk di kunjungi....

No comments: